2. Alat dan Bahan
[Kembali]
a. Jumper
Gambar 1. Jumper
3. Rangkaian Simulasi
[Kembali]
4. Prinsip Kerja Rangkaian
[Kembali]
Rangkaian pada percobaan 1 ini menggunakan JK flip flop dengan PRESET dan CLEAR, dan D flip flop dengan PRESET dan CLEAR. Untuk inputnya adalah switch dengan 7 saklar yang diberi nama B0 – B6 yang dihubungkan dengan VCC. B0 dihubungkan ke CLEAR di kedua flip flop, B1 dihubungkan dengan PRESET di kedua flip flop juga. B2 dihubungkan dengan J pada JK flip flop. B3 dihubungkan dengan CLOCK (yang aktif pada fall time) pada JK flip flop. B4 dihubungkan dengan K pada JK flip flop. B5 dihubungkan dengan D pada D flip flop. B6 dihubungkan dengan CLOCK (yang aktif pada rise time) pada D flip flop. JK flip flop memiliki 2 output yaitu Q dan Q’, begitu juga dengan D flip flop juga memiliki 2 output yaitu Q dan Q’. Setiap output dihubungkan dengan logic probe sebagai penanda adanya keluaran dari masing masing flip flop.
Prinsip kerja rangkaian ini yaitu dengan memvariasikan input dari flip flop dengan mengganti-ganti 7 switch, apakah mati atau hidup. Sesuai dengan table kebenarannya maka output dari masing masing flip flop akan bervariasi juga.
Contoh pada percobaan ke-1 variasi ke-1 dengan kondisi B0(R)=0, B1(S)=1, B2(J)=don't care, B3(CLK)=don't care, B4(K)=don't care, B5(D)=don't care, dan B6(CLK)=don't care didapat output pada JK flip-flop Q=0 dan Q'=1 dan D flip-flop Q=0 dan Q'=1. Hal ini dikarenakan karena nilai pada input kaki RS tidak sama sehingga RS flip-flop yang aktif sedangkan D flip-flop dan JK-flip-flop tidak aktif sehingga output yang keluar sesuai tabel kebenaran RS flip-flop Q=0 dan Q'=1 .
5. Video Rangkaian
[Kembali]
6. Analisa
[Kembali]
1. Bagaimana jika B0 dan B1 sama-sama diberi logika 0, apa yang terjadi pada rangkaian ?
Jawab:
Jika B0 dan B1 diberika logika 0, maka kondisi tersebut akan menghasilkan kondisi terlarang di mana input kaki R berlogika 1 dan input kaki S berlogika 1 dan output yang keluar pada Q dan Q' ialah logika 1. Hal ini dapat terlihat di tabel jurnal.
2. Bagaimana jika B3 diputuskan atau tidak dihubungkan pada rangkaian, apa yang akan terjadi pada rangkaian?
Jawab:
Ketika B3 diputus maka yang paling berpengaruh adalah JK flip-flop. Hal ini karena B3 terhubung dengan CLK di JK flip-flop sehingga JK masih mengeluarkan output, tetapi jika input J dan K kita variasikan tidak akan mengalami perubahan dikarenakan clock tidak terhubung. Fungsi clock pada JK flip-flop adalah untuk mengendalikan keluaran output JK flip-flop. Sedangkan untuk D flip-flop tidak terjadi perubahan karena tidak ada yang diputuskan
3. Jelaskan apa yang dimaksud kondisi togel, kondisi not change, dan kondisi terlarang pada flip flop ?
Jawab:
A. Kondisi toggle:
Kondisi untuk flip-flop dimana keluaran merupakan komplemen dari keadaan output sebelumnya. Contohnya jika output sebelumnya Q=0 dan Q'=1,
maka pada kondisi toggle akan melakukan pergantian menjadi Q=1 dan Q'=0
B. Kondisi Not Change:
Kondisi pada flip-flop dimana akan mempertahankan kondisi sebelumya atau tidak mengalami perubahan. Contoh jika output sebelumnya Q=0 dan Q'=1, maka pada kondisi not change outputnya tidak berubah yakni Q=0 dan Q'=1
C.Kondisi Terlarang:
Ditemukan pada rangkaian RS flip-flop dimana nilai input RS sama-sama berlogika 1 sehingga output yang terlihat berlogika Q=1 dan Q'=1
7. Link Download
[Kembali]
- Download HTML [klik disini]
- Donwload Rangkaian Simulasi [klik disini]
- Download Video Simulasi [klik disni]
- Download Datasheet ic 74LS112A [klik disini]
- Download Datasheet ic 7474 [klik disini]
- Download Data Sheet LED [klik disini]
No comments:
Post a Comment